Kamis, 01 Maret 2012

Pencak Macan Tradisi Budaya Gresik

PENCAK MACAN HADIR DI PAGELARAN BUDAYA MANTEN ADAT GRESIK
Post : 29 Pebruari 2012 | admin
Macan, moyet, genderuwo serta sasangkala lainnya, menghadang di depan pintu rumah pihak mempelai perempuan, tentunya mempelai laki-laki tidak bisa masuk, akhirnya pihak keluarga mempelai pria melakukan gebyokan daun kelor, untuk mengusir para sasangkolo, akhirnya semua sasangkala semburat melarikan diri dan kedua mempelai bisa duduk bersanding di pelaminan. Demikian prosesi manten adat Gresik dqalam pembukaan acara Pagelaran Budaya Manten Adat Gresik yang diselenggarakan DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) kab Gresik di Wahana Kreasi Tlogodendo tadi siang selasa(28/2/2012)

Bupati Gresik Dr Sambari Halim Radianto menjelaskan, sebagai kota santri, Gresik adalah daerah yang memiliki aneka ragam Budaya, keanekaragaman Budaya Gresik itu, bagaikan butir-butir permata yang terbilai harganya, karena kebudayaan Daerah merupakan identitas dari suatu peradaban, maka selaku warga yang baik, selayaknyalah kita berusaha untuk melestarikan dan menjaga menjaga keluhuran Budaya yang ada, sehingga kedudukan Budaya Daerah, tidak sampai tergeser oleh nilai-nilai Budaya Asing, yang dianggap lebih baik daripada Budaya asli Daerah sendiri. Salah satu cara membesarkan nama Daerah adalah dengan menghargaai sekaligus melestarikan apa yang telah diwariskan oleh para leluhur, khasanah Budaya Gresik merupakan potensi daerah untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

HARPI sebagai organisasi profesi mempunyai tanggungjawab moral untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Budaya Bangsa untuk menunjang potensi Pariwisata. Dalam kesempatan ini saya berpesan HARPI dalam merumuskan Budaya Manten adat Gresik agar melibatkan para kyai, tokoh masyarakat, Budayawan sehingga bentuk yang dihasilkan menjadi lebih fapat di terima oleh norma dan ketentuan yang ada di Daerah ini. Harap Bupati. Gresik cultural Wedding 2012 dengan tema Jadikan Adat Budaya pengantin dalam citra dankarakteristik masyarakat Gresik diwarnai lomba rias pengantin Muslim, dan peragaan Busana muslim anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar